HMSS

Himpunan Mahasiswa Sulawesi Selatan

Wadah perkumpulan mahasiswa STKS yang berasal dari Sulawesi Selatan, keberadaan himpunan ini sangat bermanfaat untuk menjalin komunikasi tiap-tiap mahasiswa dan sebagai wadah mepererat tali silaturahim serta saling membantu satu sama lain, sehingga diharapkan setiap mahasiswa berperan serta dan terlibat secara aktif. Selain itu HMSS sebagai pusat mencari informasi bagi calon mahasiswa mengenai pendaftaran STKS dan proses administrasi serta perkuliahan.

Penyakit ?



Bismillahirrahmanirrahim

Ini adalah sebuah artikel yang dikirimkan oleh Kakanda Mashud Mansyur selaku wakil ketua 1 HMSS, melalui Facebook di halaman HMSS STKS Bandung, admin berinisiatif sendiri untuk meng-copas artikel ini, dengan sedikit perubahan yang telah mendapatkan persetujuan dari sang penulis artikel itu sendiri.

Berikut adalah ulasan selengkapnya,

Saya kira kita semua setuju dengan sebuah pernyataan yang mengatakan bahwa sebuah organisasi adalah sebuah sistem, itu adalah konsep dasar dalam organisasi.


Konsep itu sepertinya kurang berlaku dalam HMSS, Karena sebagian besar anggota HMSS kurang aktif di beberapa kegiatan HMSS itu sendiri. Tapi kita jangan berpikir sempit dengan hanya melihat di satu indikator saja, dimana ketika kita melihat satu penyakit kita langsung menvonis penyakit tersebut sebagai penyakit induk yang menyebabkan penyakit lainnya.

Mari kita bahas penyakit di atas, "kurangnya keaktifan sebagian besar anggota HMSS di beberapa kegiatan atau mungkin semua kegiatan", hal itu bisa disebabkan oleh berbagai hal:
  1. Kurangnya kesadaran individu yang ada di dalam HMSS
  2. Kurang berjalannya organisasi
  3. Iklim interaksi yang kurang bagus di HMSS yang menyebabkan malasnya para anggota untuk bergabung hal itu di sebabkan oleh anggota itu sendiri : patoa-toa'i (makassar lang.), sok jago, NATO (No Action Talk Only).
  4. Berpikir individu di HMSS, yang penting sayaji...,(cuman gw)
Dari empat indikator di atas mana yang lebih penting ? saya kira kita setuju yang lebih penting adalah poin 2,3, dan 4. mengapa ? karena dalam organisasi yang terpenting adalah organisasi bukan individu, sebab apa yang menjadi penyakit di individu pada sebuah organisasi itu cuman merupakan akibat dari penyakit organisasi itu sendiri.

Jadi sudah jelas, kalau kita ingin menerapkan prinsip selesaikan masalah langsung pada akarnya, agar akar yang kita sembuhkan itu bisa memopong pohon HMSS, sebaiknya yang kita sembuhkan adalah penyakit 2,3 dan 4 diatas karena itu merupakan masalah-masalah organisasi di HMSS.

Sekali lagi, kurangnya kesadaran individu itu cuman turunan dari masalah kurang berjalannya organisasi, iklim interaksi yang kurang baik, dan berpikir individu di HMSS. Ketika kita aktif tapi tidak memikirkan masalah 2,3,dan 4 diatas, itu sama saja kita aktif untuk diri kita sendiri saja, bukan untuk HMSS.

Itu tadi sebuah uraian panjang lebar dari Kakanda Mashud Mansyur mengenai penyakit yang ada di tubuh HMSS saat ini, dan untuk mengakhiri postingan kali ini, admin mengutip sedikit ungkapan dari Kakanda Akbar yang juga di copas dari halaman Facebook HMSS.

Pohon yang kokoh karena dia punya akar yang kuat, bukan karena banyak atau siapa yang menyangganya, begitu pula dengan keindahan pohon, karena sering dirawat dan disiram, sekali lagi bukan siapa yg merawat dan menyiramnya. Karena pohon tidak butuh penyangga dan tidak perlu mengetahui siapa yang menyiramnya. Hanya butuh akar yg kokoh, dirawat dan disiram. Begitupula dengan HMSS.

Jangan salahkan HMSS, mana kegiatannya ? Mana eksistensimu ? Tanya diri ta', dimana ka setiap HMSS membutuhkan saya ? Apa kontribusiku kepada HMSS?

Jangan NATO, jangan mau dicari sama HMSS kodong. Cari ki HMSS, Dimana dia ? Ada acara apa, bantu dia. Karena HMSS seperti tanaman baru mau tumbuh jadi pohon, siapa yang mau siram dan rawat ?
Semua tergantung kita semua, supaya kelak akan jadi pohon yang kokoh dan indah. Amin !


0 komentar:

Poskan Komentar



Poskan Komentar